“ MAKALAH MICROSOFT WORD 2010 ”
KATA PENGANTAR
Puji syukur kami panjatkan kehadirat
Allah SWT yang telah memberikan rahmat serta karunia-Nya kepada kami sehingga
kami berhasil menyelesaikan Makalah ini yang alhamdulillah tepat pada waktunya
yang berjudul Microsoft Word 2010 .
Makalah ini berisikan tentang informasi Microsoft Word
atau yang lebih khususnya membahas penerapan pengoperasian Microsoft Word 2010 ,
Diharapkan Makalah ini dapat memberikan informasi kepada kita semua tentang
Microsoft Word. Kami menyadari bahwa makalah ini masih jauh dari sempurna, oleh
karena itu kritik dan saran dari semua pihak yang bersifat membangun selalu
kami harapkan demi kesempurnaan makalah ini.
Akhir kata, kami sampaikan terima kasih kepada semua
pihak yang telah berperan serta dalam penyusunan makalah ini dari awal sampai
akhir. Semoga Allah SWT senantiasa meridhai segala usaha kita. Amin.
Penyusun
Amrizal
hanif
BAB I
PENDAHULUAN
A.
LATAR BELAKANG
Pada saat ini
kemajuan teknologi, menyebabkan kebutuhan manusia semakin bertambah, terdapat
keterkaitan antara kemajuan teknologi dengan bertambahnya kebutuhan manusia,
yaitu kebutuhan manusia menjadi lebih mudah untuk dipenuhi.
Secara tidak
lansung manfaat dari berkembangnya teknologi adalah membantu manusia dalam
memenuhi kebutuhan hidupnya. Seperti aplikasi microsoft office, aplikasi ini
sangat membantu para pekerja kantoran, mahasiswa, pelajar, dan masih banyak
lagi. Salah satu bagian dari microsoft
office adalah mincrosoft office word.
B.
Tujuan
Setelah membaca
makalah ini, pembaca diharapkan untuk dapat :
1. Memehami cara memulai, menjalankan,
dan mengakhiri perangkat lunak microsoft office word 2010 .
2. Mengoperasikan fungsi menu-menu
microsoft office word 2010.
3. Mengoperasikan perintah cetak pada
microsoft office word 2010.
4. Mampu menggunakan / mengaplikasikan
penggunaan microsoft office word dalam kehidupan sehari-hari.
C.
Manfaat
Setelah mempelajari makalah ini,
diharapkan untuk dapat :
1. Memahami cara mengoperasikan.
2. Mengoperasikan fungsi menu-menu yang
ada.
3. Menggunakan fungsi mencetak hasil pengolahan.
A. Pengertian Microsoft Word
1. Microsoft offfice 3,0. Ternyata yang
pertama dirilis adalah versi 3.0. pada versi inihanya tersedsia untuk OS
windows.
2. Microsoft office 4.0 dirilis pada
tahun 1994, berisi word 6.0, Exel 5.0,powerpoint 4.0, Mail dan Access.
3. Microsoft office 4.3. seri ini
merukan seri dengan 16 bit terakhir dan juga versi terakhir yang mendukung windows 3.x. windows
NT 3.1 dan windows NT 3.5.
4. Microsoft office 95 atau juga
dikenal dengan versi 7.0. vers ini menggunakan 32 bit agar cocok dengan windows
95 profesional. Yang versi standar terdiri dari word 7.0 dan Exel 7.0,
powerpoint 7.0 dan schedule +7.0. versi profesional terdiri dari semua yang ada
di standar ditambah dengan access 7.0.
6. Microsoft office 2000 (offfice 9.0)
pada versi ini banyak opsi-opsi desembunyikan. Tentunya opsi tersebut juga
penting, tetapi kecl penggunaannya oleh orang awam.jika ingin digunakan opsi
ini dapat dimunculkan. Salah satunya adalah macro. Mengapadisembunyikan ?.
karna dapat menyebarkan virus macro. Office 2000 adalah persi terakhir yang
dapat dijalankan di windows 95. Pada versi ini juga tidak ada pruduct
activation. Enak kan ? produk activation mulai ada di versi selanjutnya.
7. Microsoft office XP. Bisa disebut
sebgai versi 10.0 atau office 2002, merupakan upgrate besar-besaran dengan
banyak perkembangan dan perubahan. Office XP mengenalkan fitur safe mode.
Memungkinkan aplikasi contohnya outlook untuk bisa booting ketika terjadi
kesalahan system, seperti registry yang corrupt, lalau adanya fitus smart tag
yang memungkinkan mengingatkan user bila ada pengetikan yang salah ejaan.
Tetapi pada office ini smart tag hanya bisa digunakan di word dan Excel. Office
Xp juga terintegrasi dengan perintah suara dan pendiktean kata, seperti sebaik
mungkin seperti tukisan tangan.di pruduct ini ada juga product activation.
Office Xp mendukung windows 98, ME< NT 4.0. office Xp juga dikenal sebagai
yang pertama untuk versi office yang bisa berjalan baik di OS vista.
8. Microsoft office 2003 (office 11.0)
sesuai namanya, versi ini dirilis pada tahun 2003. Dengan fitur logo baru. Dua
aplikasi juga ada yaitu, microsoft infopatch dan onenote. Ini versi yang
pertama kalinya menggunakan gaya windows XP beserta Iconnya. Outlook 2003
memberikan fungsi yang telah berkembang seperti cerberos authentication, RPC
over HTTP, dan Cached Exchange mode. Pada versi ini juga ada penyaring junk
mail yang telah digunakan. Office 2003 merupakan versi terakhir yang mendukung
windows 2000. Versi ini juga versi yang paling banyakdipakai di indonesia
terutama untuk rental dan warnet dalam kurun waktu terkhir 2009.
9. Microsoft office 2007. (office 12.0)
versi ini dirilis tahun 2007. Memiliki fitur baru. Juga ada groove, sebuah
aplikasi kolaborasi. Office 2007 memiliki desighn tampilan baru yang bernama
fluen user interface. Lalu ada Ribbon UI sebagai pengganti menu dan toolbar.
Untuk menginstallnya membutuhkan minimal windows XP Sp2. Pada tahun 2009 office
ini sudah banyak dipakai sekarang dan mulai menggeser kedudukan office 2003.
Indonesia memang agak lambat dalam menyesuaikan perkembangan teknologi.
10. Microsoft office 2010.(office 14.0)untuk sekarang sedang dalam
perkembangan. Kemungkinan dirilis adalah pada tahun 2010. Versi 13.0 dilewati
karna adanya tahayul terhadap nomor 13.
B. Perkembangan
Microsoft
Microsoft
word atau microsoft office word adalah perangkat lunak pengolah kata (word
processor) andalan microsoft. Pertama diterbitkan pada 1983 dengan nama
multi-tool word untuk Xenix, versi-versi lain juga dikembangkan untuk berbagai
sistem operasi, misalnya DOS (1983), apple macintosh (1984), SCO UNIX, OS/2,
dan microsoft windows (1989). Setelah menjadi bagian dari microsoft office
sistem 2003 dan 2007 diberi nama microsoft office word.
Banayak
ide konsep word diambil dari bravo, pengolah kata berbasis grafik pertama yang dikembangkan
di Xerox Palo Alto Research center (PARC). Pencipta Bravo, Charles Simonyi,
meninggalkan Xeros PARC dan beralih ke microsoft pad 1981. Simonyi juga
menggaet Richard Brodie dar PARC pad 1 februari 1983, perkembangan multi tool
dimulai.
Setelah
diberi nama baru microsoft word, microsoft menerbitkan program ini pada t25
oktober 1983 untuk IBM PC. Saat tiu dunia pengelolah kata dikuasai oleh
wordperfect dan juga wordstar . word memiliki konsep “what you see is what you
get”. Atau WYSIWYG, dan merupak program pertama yang dapat menghasilkan cetak
tebal dan cetak miring pada IBM PC. Word juga banyak menggunakan tetikus yang
saat itu tidak lazim sehingga mereka menawarkan paket Word-with-Mouse. Word
processor berbasis DOS lain, seperti wordstar dan wordperfect, menampilkan
hanya teks dengan kode markup dan warna untuk menandai pemformatan cetak tebal, miring dan
sebagainya. Word untuk macintosh, meski memiliki banyak tampilan dari versi DOS
nya, diprogram oleh Ken Shapiro dengan sedikit perbedaan dengan kode sumber
versi DOS, yang ditulis untuk layar tampilan resolusi tinggi dan printer laser,
meskipun belum ada program seperti itu yang beredar di publik. Setelah Lissa
write dan Marcwrite, microsoft pun mencoba untuk menambahkan fitur WYSIWYG
kedalam program word for macintosh. Setelah Word for macintosh dirilis pada
tahun 1985, program tersebut mendapatkan perhatian yang cukup luas dari
masyarakat pengguna komputer. Microsft tidak membuat vesi 2,0 for macintosh,
untuk menyamakan versi dengan word untuk sistem atau platform lainnya.
Versi
selanjutnya dari word for macintosh, adalah word 3,0, yang dirilis pada tahun
1987. Versi ini mencangkup bnyak peningkatan dan fitur baru dan memiliki banyak
bug. Dalam hanya beberapa bulan, microsoft mengganti word 3,0 dengan word 3,01
yag jauh lebih stabil. Semua pengguna terdaftar dari word 3,0 dikirimi surat
yang berisi salinan word 3,01 secara gratis, sehingga menjadikan ini kesalahan
microsft paling mahal untuk di tebus pada waktu itu. Word 4,0 yang dirilis pada
tahun 1989, merupakan versi yang sangat sukses dan juga stabil degunakan.
Pada
rentang tahun ini, word for windows diluncurkan. Versi pertama dari word for
windor dirilis pada tahun 1989 dengan harga 500 dollar amerika serikat. Dengan
dirilisnya microsoft windos 3.0 pada tahun selanjutnya, penjualan pun akhirnya
terdongkrak naik, mengingat word for windows 1.0 didesain untuk windows 3.0 dan
performanya sangat uruk jika dijalankan pada versi sebelumnya. Microsoft
menunggu hingga merilis word 2.0 untuk mengukuhkan microsoft word sebagai
pemimpin pasar pengolah kata.
BAB II
PEMBAHASAN
A. Memulai
Mengoperasikan Microsoft Word
I. Membuka Microsoft Word
Untuk membuka
Microsoft Word, ada beberapa cara , Diantaranya adalah :
Klik
Tombol Start yang ada di taskbar è Pilih menu all Program è Kemudian pilih
è klik program aplikasi Microsoft Word 2010 .Tunggu
sampai è jendela program Microsoft Word
ditampilkan.
II. Membuat Dokumen Baru
Jika kita baru memulai mengoperasikan Microsoft Word, biasanya akan langsung ditampilkan dokumen kosong yang siap untuk ditulisi. Namun, jika komputer tidak secara otomatis menyediakan dokumen kosong, cara berikut ini bisa menjadi alternatif dalam membuat dokumen baru.
1. Pada jendela Microsoft Word è pilih menu File è klik tombol New è kemudian klik tombol General.
2. Double klik pada icon Blank Document untuk membuat dokumen baru.
3. Jendela siap untuk digunakan pengetikan.
Jika kita baru memulai mengoperasikan Microsoft Word, biasanya akan langsung ditampilkan dokumen kosong yang siap untuk ditulisi. Namun, jika komputer tidak secara otomatis menyediakan dokumen kosong, cara berikut ini bisa menjadi alternatif dalam membuat dokumen baru.
1. Pada jendela Microsoft Word è pilih menu File è klik tombol New è kemudian klik tombol General.
2. Double klik pada icon Blank Document untuk membuat dokumen baru.
3. Jendela siap untuk digunakan pengetikan.
1. Klik tombol New Document yang ada pada baris menu.
2. Pada jendela program Microsoft Word, dapat kita pilih menu File | New, maka setelah kita memilih Blank Document, dokumen kosong akan ditampilkan pada layar komputer anda.
3. Selain kedua alternatif di atas, bisa juga dengan langsung menekan tombol Ctrl+N, maka dokumen baru akan ditampilkan di layar anda.
III. Membuka file yang sudah
tesimpan
1. Klik menu File dan klik
tombol Open, maka akan tampil kotak dialog Open.
2. Pilih file yang ingin dibuka dengan menentukan letak foldernya terlebih dahulu.
3. Klik pada nama file yang akan dibuka.
4. Klik tombol Open, maka file yang tadi dipilih akan dibuka oleh Microsoft Word.
2. Pilih file yang ingin dibuka dengan menentukan letak foldernya terlebih dahulu.
3. Klik pada nama file yang akan dibuka.
4. Klik tombol Open, maka file yang tadi dipilih akan dibuka oleh Microsoft Word.
IV. Menyimpan Dokumen
2. Pada jendela Microsoft Word , pilih menu File, klik tombol Save.
3. Pada layar akan ditampilkan kotak dialog Save. Ketikkan nama file dokumen, dan klik Save. Lakukan penyimpanan file sesering mungkin, untuk menghindari kemungkinan komputer padam secara mendadak.
V. Menutup File Dokumen
1. Setelah
menyimpan file dokumen, untuk menutup file, pada jendela Microsoft
Word, pilih menu File, klik tombol Close, maka Microsoft Word akan menutup
file dokumen yang sedang aktif.
Word, pilih menu File, klik tombol Close, maka Microsoft Word akan menutup
file dokumen yang sedang aktif.
2. Atau bisa
dilakukan dengan menekan tombol close pada baris menu.
VI. Menutup Jendela Microsoft Word
1.
Pada jendela Microsoft Word, pilih menuFile, klikExit,
maka jendela Microsoft Word akan tertutup.
2. Pastikan bahwa dokumen yang telah anda ketik
sudah tersimpan dengan benar.
3.
Selain dengan
menu File, menutup jendela Microsoft Word juga dapat dilakukan dengan menklik
tombol X yang terletak di pokok kanan atas dari jendela Microsoft Word.
B. Mengetik Dokumen Sederhana
Pada saat memulai program
aplikasi Microsoft Word , secara otomatis, dokumen baru yang masih kosong yang
diberi nama Document1 akan ditampilkan dan siap digunakan.Setiap mengetikkan
teks, teks yang Anda ketik akan muncul di posisi kursor dan kursor akan
bergeser ke kanan. Anda dapat memindahkan kusor dengan keyboard atau mouse.
Jika teks yang yang sedang anda ketik mencapai akhir dari baris, maka teks
tersebut akan dilipat dan kursor secara otomatis pindah ke awal baris
berikutnya. Bila perlu tekan tombolEn ter untuk memindahkan titik sisip ke
baris berikutnya., hanya jika anda ingin memulai pengetikan di baris baru
sbelum mencapai batas kanan, membuat baris kosong atau memulai paragraf baru.
Microsoft Word mendefinisikan sebuah paragraf sebagai sejumlah karakter, kata, atau kalimat yang diakhiri dengan tanda paragraf. Tanda paragraf akan disisipkan pada waktu anda menekan tombolEn ter. Tanda paragraf ini penting untuk mengetahui di mana suatu paragraf dimulai dan berakhir pada dokumen anda. Dalam keadaan defaultnya, tanda paragraf ini tidak ditampilkan. Sebagai contoh, cobalah untuk mengetik surat sederhana berikut pada Dokumen 1 yang masih kosong, dan simpan dokumen tersebut dengan nama Undangan Training.
Microsoft Word mendefinisikan sebuah paragraf sebagai sejumlah karakter, kata, atau kalimat yang diakhiri dengan tanda paragraf. Tanda paragraf akan disisipkan pada waktu anda menekan tombolEn ter. Tanda paragraf ini penting untuk mengetahui di mana suatu paragraf dimulai dan berakhir pada dokumen anda. Dalam keadaan defaultnya, tanda paragraf ini tidak ditampilkan. Sebagai contoh, cobalah untuk mengetik surat sederhana berikut pada Dokumen 1 yang masih kosong, dan simpan dokumen tersebut dengan nama Undangan Training.
C. Mengedit
Teks
Jika anda membuat kesalahan selam proses pengetikan, Anda dapat
memperbaikinya dengan berbagai cara berikut ini :
• Tekan tombol Backs Space untuk menghapus satu karakter di kiri titik sisip.
• Tekan tombol Delete untuk menghapus karakter di kanan titik sisip.
• Untuk melakukan pengulangan dari teks yang baru Anda ketik, pilih menu Edit, Repeat Typing (Ctrl+Y).
• Untuk menghapus teks yang baru saja Anda ketik, pilih dan klik menu Edit, Undo Typing (Ctrl+Z) atau klik tombol Undo pada toolbar Standard.
• Untuk pindah ke baris baru tanpa menyisipkan sebuah tanda paragraf, tekan tombol Shift+Enter.
Jika anda membuat kesalahan selam proses pengetikan, Anda dapat
memperbaikinya dengan berbagai cara berikut ini :
• Tekan tombol Backs Space untuk menghapus satu karakter di kiri titik sisip.
• Tekan tombol Delete untuk menghapus karakter di kanan titik sisip.
• Untuk melakukan pengulangan dari teks yang baru Anda ketik, pilih menu Edit, Repeat Typing (Ctrl+Y).
• Untuk menghapus teks yang baru saja Anda ketik, pilih dan klik menu Edit, Undo Typing (Ctrl+Z) atau klik tombol Undo pada toolbar Standard.
• Untuk pindah ke baris baru tanpa menyisipkan sebuah tanda paragraf, tekan tombol Shift+Enter.
D. Meng-Copy / Menyalin Teks
Untuk menyalin teks yang Anda pilih ke lokasi lain, ikuti langkah berikut ini :
Untuk menyalin teks yang Anda pilih ke lokasi lain, ikuti langkah berikut ini :
1.
Pilih teks yang akan Anda salin.
2. Kemudian pilih dan klik menu Edit, Copy
(Ctrl+C).
3. Tempatkan titik
sisip di lokasi baru.
4.
Kemudian pilih
dan klik menu Edit, Paste (Ctrl+V).
E. Men-Delete /
Menghapus Teks.
Untuk menghapus teks yang telah Anda pilih, ikuti langkah berikut ini.
1. Pilih teks yang akan anda hapus.
2. Kemudian pilih dan klik menu Edit, Clear atau tekan tombol Delete.
Untuk menghapus teks yang telah Anda pilih, ikuti langkah berikut ini.
1. Pilih teks yang akan anda hapus.
2. Kemudian pilih dan klik menu Edit, Clear atau tekan tombol Delete.
F.
Meng-Cut-Paste/Memindahkan Teks.
Untuk memindahkan teks yang Anda pilih ke lokasi yang baru, ikuti langkah
berikut ini :
1. Pilih teks yang akan Anda pindahkan
2. Kemudian pilih dan klik menu Edit, Cut (Ctrl+X).
3. Tempatkan titik sisip pada lokasi baru.
4. Kemudian pilih dan klik menu Edit, Paste (Ctrl+V).
Untuk memindahkan teks yang Anda pilih ke lokasi yang baru, ikuti langkah
berikut ini :
1. Pilih teks yang akan Anda pindahkan
2. Kemudian pilih dan klik menu Edit, Cut (Ctrl+X).
3. Tempatkan titik sisip pada lokasi baru.
4. Kemudian pilih dan klik menu Edit, Paste (Ctrl+V).
G. Format Teks
1. Pilih atau sorot teks yang akan anda format,
kemudian atur formatnya sesuai yang anda inginkan.
2. Tempatkan titik sisip pada posisi awal
pengetikan teks,atur formatnya, kemudian ketik teks yang Anda inginkan.
Dengan cara ini, semua teks yang Anda ketik mulai dari posisi titik sisip akan mengikuti format yang Anda pilih sampai Anda melakukan perubahan kembali ayau memindahkan posisi titik sisip ke bagian lain pada dokumen.
Dengan cara ini, semua teks yang Anda ketik mulai dari posisi titik sisip akan mengikuti format yang Anda pilih sampai Anda melakukan perubahan kembali ayau memindahkan posisi titik sisip ke bagian lain pada dokumen.
H. Mengubah
Jenis dan Bentuk Huruf (Font)
Setiap jenis dan bentuk huruf (Font) mempunyai nama, misalnya Arial, Times, Courier, dan lain-lain. Untuk mengubah Font dari teks yang sebelumnya adalah :
1. Pilih atau sorot teks yang akan Anda ubah fontnya.
Setiap jenis dan bentuk huruf (Font) mempunyai nama, misalnya Arial, Times, Courier, dan lain-lain. Untuk mengubah Font dari teks yang sebelumnya adalah :
1. Pilih atau sorot teks yang akan Anda ubah fontnya.
2. Pilih dan klik font yang Anda
inginkan pada tombol daftar pilihan font yang
terdapat pada baris toolbar Formatting atau tekan tombolCtrl+S h if t+F.
terdapat pada baris toolbar Formatting atau tekan tombolCtrl+S h if t+F.
I. Mengubah
Ukuran Huruf (Font Size)
Semua teks yang anda ketikkan pada dokumen baru dengan menggunakan template Blank Document akan memakai pilihan default font Times New Roman dengan ukuran huruf 10 point. Untuk mengubah ukuran huruf (font size) dari teks yang sebelumnya anda ketik, ikuti langkah berikut ini :
1. Pilih atau sorot teks yang akan anda ubah ukurannya.
2. Pilih dan klik ukuran yang anda inginkan pada tombol daftar pilihan Font Size yang terdapat pada baris toolbar formatting atau tekan tombol Ctrl+Shift+P.
Semua teks yang anda ketikkan pada dokumen baru dengan menggunakan template Blank Document akan memakai pilihan default font Times New Roman dengan ukuran huruf 10 point. Untuk mengubah ukuran huruf (font size) dari teks yang sebelumnya anda ketik, ikuti langkah berikut ini :
1. Pilih atau sorot teks yang akan anda ubah ukurannya.
2. Pilih dan klik ukuran yang anda inginkan pada tombol daftar pilihan Font Size yang terdapat pada baris toolbar formatting atau tekan tombol Ctrl+Shift+P.
J. Mengatur
Format Paragraph
Dalam Microsoft Word, paragraf adalah segala sesuatu yang diakhiri dengan menekan tombolEn ter. Paragraf mungkin berupa judul laporan, bagian suatu daftar, baris kosong di antara dua paragraf, sekumpulan teks atau kalimat yang 7
mempunyai satu pemikiran. Anda dapat mengatur format paragraf dengan
menggunakan salah satu cara berikut ini :
1. Pilih paragraf yang akan anda format, kemudian atur formatnya sesuai dengan keinginan anda.
2. Tempatkan pada titik sisip pada posisi awal pengetikan paragraf atau
formatnya, kemudian ketik paragraf yang Anda inginkan. Dengan cara ini,
semua paragraf yang anda ketik mulai dari posisi titik sisip akan mengikuti
format yang anda pilih sampai anda melakukan perubahan kembali atau
memindahkan posisi titik sisip ke bagian lain pada dokumen.
Dalam Microsoft Word, paragraf adalah segala sesuatu yang diakhiri dengan menekan tombolEn ter. Paragraf mungkin berupa judul laporan, bagian suatu daftar, baris kosong di antara dua paragraf, sekumpulan teks atau kalimat yang 7
mempunyai satu pemikiran. Anda dapat mengatur format paragraf dengan
menggunakan salah satu cara berikut ini :
1. Pilih paragraf yang akan anda format, kemudian atur formatnya sesuai dengan keinginan anda.
2. Tempatkan pada titik sisip pada posisi awal pengetikan paragraf atau
formatnya, kemudian ketik paragraf yang Anda inginkan. Dengan cara ini,
semua paragraf yang anda ketik mulai dari posisi titik sisip akan mengikuti
format yang anda pilih sampai anda melakukan perubahan kembali atau
memindahkan posisi titik sisip ke bagian lain pada dokumen.
K. Mencetak
Dokumen
Apabila anda ingin mencetak dokumen anda, dokumen tersebut harus sudah diaktifkan atau ditampilkan di layar. Untuk mencetak dokumen yang sedang aktif di layar, ikuti langkah berikut ini :
1. Pilih dan klik menu File, Print (Ctrl+P). Kotak dialog Print akan ditampilkan.
2. Pada tombol daftar pilihanName, pilih dan klik printer driver yang anda inginkan.
3. Anda dapat menentukan halaman yang akan anda cetak, dengan cara melakukan pemilihan dan pengisian pada kotak Page Range.
• Klik tombol pilihan All, jika Anda bermaksud mencetak seluruh isi dokumen.
• Klik tombol pilihan Selection , bila Anda ingin mencetak teks yang anda pilih.
4. Apabila anda ingin mencetak dokumen tersebut lebih dari sati kali, isilah kotak isian Number of Copies dengan jumlah salinan yang anda inginkan.
5. Pada tombol daftar pilihan Print what, pilih Document bila ingin mencetak isi dokumen.
6. Tentukan halaman yang akan dicetak pada tombol pilihan Print.
• All pages in range, bila anda ingin mencetak halaman ganjil maupun halaman genap.
• Odd pages, jika Anda ingin mencetak halaman ganjil saja.
• Even pages,
7. KlikO K.
Apabila anda ingin mencetak dokumen anda, dokumen tersebut harus sudah diaktifkan atau ditampilkan di layar. Untuk mencetak dokumen yang sedang aktif di layar, ikuti langkah berikut ini :
1. Pilih dan klik menu File, Print (Ctrl+P). Kotak dialog Print akan ditampilkan.
2. Pada tombol daftar pilihanName, pilih dan klik printer driver yang anda inginkan.
3. Anda dapat menentukan halaman yang akan anda cetak, dengan cara melakukan pemilihan dan pengisian pada kotak Page Range.
• Klik tombol pilihan All, jika Anda bermaksud mencetak seluruh isi dokumen.
• Klik tombol pilihan Selection , bila Anda ingin mencetak teks yang anda pilih.
4. Apabila anda ingin mencetak dokumen tersebut lebih dari sati kali, isilah kotak isian Number of Copies dengan jumlah salinan yang anda inginkan.
5. Pada tombol daftar pilihan Print what, pilih Document bila ingin mencetak isi dokumen.
6. Tentukan halaman yang akan dicetak pada tombol pilihan Print.
• All pages in range, bila anda ingin mencetak halaman ganjil maupun halaman genap.
• Odd pages, jika Anda ingin mencetak halaman ganjil saja.
• Even pages,
7. KlikO K.
L. Mengakhiri
Microsoft Word
Setalah seluruh kegiatan pengetikan, pengeditan, dan juga pencetakan dokumen selesai, maka kita dapat mengakhiri operasi Microsoft Word setelah terlebih dahulu kita memastikan bahwasannya dokumen sudah tersimpan dengan baik. Jika belum, maka simpanlah dokumen yang telah anda ketik dan edit erlebih dahulu, baru kemusian keluar dari Microsoft Word.
Setalah seluruh kegiatan pengetikan, pengeditan, dan juga pencetakan dokumen selesai, maka kita dapat mengakhiri operasi Microsoft Word setelah terlebih dahulu kita memastikan bahwasannya dokumen sudah tersimpan dengan baik. Jika belum, maka simpanlah dokumen yang telah anda ketik dan edit erlebih dahulu, baru kemusian keluar dari Microsoft Word.
Untuk keluar dari Microsoft Word, dapat dipilih di antara cara-cara berikut
ini :
1. Pilih dan klik tombol pada menu File, Exit .
2. Klik tombol bertanda silang pada pojok kanan atas jendela Microsoft Word.
3. Tekan Alt +F4
1. Pilih dan klik tombol pada menu File, Exit .
2. Klik tombol bertanda silang pada pojok kanan atas jendela Microsoft Word.
3. Tekan Alt +F4
Dan ini adalah
shortcut yang dipakai dalam Microsoft Word buat rekan – rekan..
Ctrl + a –> Select
all
Ctrl + b –> Bold
Ctrl + c –> Copy
Ctrl + d –> Edit
font
Ctrl + e –> Rata
tengah
Ctrl + f –> Find
Ctrl + g –> Go
to
Ctrl + h –> Replace
Ctrl + i –>
Italic
Ctrl + j –>
Rata kiri kanan
Ctrl + k –> Insert
hyperlink
Ctrl + l –> Rata
kiri
Ctrl + m –> Mengatur
indent kiri
Ctrl + n –> Membuat
dokumen baru
Ctrl + o –> Membuka
dokumen yang telah ada
Ctrl + p –> Print
Ctrl + q –> Membersihkan
format paragraf
Ctrl + r –> Right
Ctrl + s –> Save
Ctrl + t –> Mengatur
hanging indent kiri
Ctrl + u –> Underline
Ctrl + v –> Paste
Ctrl + w –> Close
window
Ctrl + x –> Cut
Ctrl + y –> Redo
Ctrl + z –> Undo
Ctrl + ] –> Perbesar
font size
Ctrl + [ –> Perkecil
font size
Ctrl + = –> Subscript
Ctrl +
Shift + = –> Superscript
Ctrl + scroll
ke atas –> Zoom In
Ctrl + scroll
ke bawah –> Zoom Out
PENUTUP
A. Kesimpulan
Dari uraian diatas maka penulis mengambil kesimpulan :
1. Di era globalisasi ini sangat di perlukan khususnya bagi pelajaar untuk menguasai ilmu komputer seperti Ms. Office (Word, Excel dan PowerPoint).
2. Para guru minimal harus tahu cara mengoperasikan Komputer terutama Ms. Word.
3. Ms. Word sebagai salah satu ilmu komputer yang paling banyak dioperasikan di seluruh dunia.
B. Saran
Perkembangan dunia di era globalisasi ini memang banyak menuntut perubahan kesistem pendidikan nasional yang lebih baik serta mampu bersaing secara sehat dalam segala bidang. Salah satunya adalah ilmu Komputer yang harus di lakukan bangsa Indonesia agar tidak semakin ketinggalan dengan negara-negara lain adalah dengan meningkatkan kualitas pendidikannya terlebih dahulu.
Untuk mewujudkan impian tersebut maka penulis merasa tugas pembuatan makalah mengenai Ms. Word ini sangatlah penting bukan hanya bagi penulis tapi juga bagi pembacanya. Semoga dengan adanya makalah ini kita semua lebih mengerti lagi mengenai apa itu komputer dan Ms. Word.
thaks infonya
BalasHapusJUAL FURNITURE MINIMALIS
JUAL KAMAR SET MEWAH
JUAL MEJA MAKAN
TOKO SOFA MURAH
JUAL KURSI MINIMALIS
KURSI SOFA TERBARU
MEBEL JEPARA
Sama sama gan, semoga bermanfaat
BalasHapusMakasihya gan,,, salam kenal www.awitrom.com
BalasHapusTop 10 best titanium density in the world, with no - TITNIA
BalasHapusTop 10 Best titanium titanium keychain density in the world, with titanium blue no COVID-19 men\'s titanium wedding bands status. The world's nipple piercing jewelry titanium largest non-smoking COVID-19 testing titanium plumbing site. The site, which is owned